Jumat, 21 September 2012

Cara Kerja Aplikasi Siri Pada iPhone 4S


        Siapa lagi kalau bukan Apple, sebuah perusahaan ternama yang berpusat di daerah Silicon Valley, Cupertino California yang  telah membuat penggemar setianya berdecak kagum dengan kehadiran aplikasi terbarunya. Ternyata Apple tidak segan-segan untuk memperkenalkan aplikasi terbarunya yang disebut dengan Siri. Kemudian timbul pertanyaan dalam benak kita apa itu apilkasi Siri ? Bagaimana cara kerja Siri ? Dan apa pula kehebatan dibalik aplikasi tersebut?

       Secara sederhana Siri adalah sebuah aplikasi terbaru di iPhone 4S yang berguna untuk mengontrol iPhone menggunakan perintah suara. Jadi, jika selama ini kita hanya menggunakan perintah sentuh (touch), dengan fitur Siri, kita bisa memerintah iPhone menggunakan suara.

          Lalu bagaimana aplikasi Siri bekerja? Aplikasi ini bekerja berdasarkan perintah suara yang diterimanya. Misalkan, ketika ada sebuah SMS masuk ke iPhone 4S, kita bisa memerintahkan Siri untuk membaca SMS tersebut, dan bahkan kemudian kita bisa memerintah Siri untuk membalas SMS tersebut, dengan kata-kata yang kita ucapkan. Dengan demikian, kitapun tidak harus selalu melihat layar iPhone untuk membaca dan kemudian membalas SMS, karena sudan ada asisten pribadi digital andalan iPhone 4S bernama Siri.

         Lantas perintah apa saja yang bisa diberikan Siri dan bisa dilakukan Siri? Ternyata apilkasi Siri  melakukan banyak perintah yang bisa diberikan kepadanya, misalnya kita bisa mengirim email, menyuruh Siri untuk menyebutkan nomor handphone seseorang yang ada di Phonebook, mengirimkan SMS, menyuruh Siri untuk memutar Playlist lagu, meminta informasi tentang sesuatu misal tentang  restaurant terdekat, perintah menset alarm, perintah untuk menunjukkan arah, sampai mengatur jadwal meeting.

         Baru-baru ini sekelompok pembuat aplikasi bernama Applidium, melalui serangkaian eksperimen, berhasil membongkar rahasia di balik cara kerja Siri. Applidium mengungkapkan bahwa komunikasi antara apilkasi Siri di iPhone 4S dengan server Siri di Apple dilakukan melalui jalur TCP. Dari situ mereka berhasil melacak server yang digunakan serta seperti apa bentuk data yang dikirim.

Berikut adalah beberapa hal yang berhasil diungkap oleh Applidium:

  • Data audio yang dikirimkan ke server Siri adalah data audio mentah. Data ini dikompresi dengan codec Speex, yang memang dirancang untuk komunikasi lewat internet (VoIP).
  • Setiap iPhone 4S memiliki nomor identifikasi khas. Nomor ini senantiasa digunakan sepanjang komunikasi dengan Siri untuk memastikan bahwa yang mengaksesnya memang iPhone 4S. Applidium menyediakan tools untuk mengekstrak nomor ini dari perangkat iPhone 4S.
  • Selama menggunakan Siri, ada banyak sekali komunikasi antara iPhone 4S dengan server Apple. Termasuk, misalnya, data mengenai seberapa cepat pengguna mengetikkan perintah dan kapan setiap kata diketikkan saat mengakses Siri dengan text-to-speech.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar